Pengertian Procedure Text danRecoun Teks beserta contohnya




The Definition of Procedure Text
Secara umum disebutkan bahwa procedure text adalah teks yang memaparkan proses melakukan sesuatu. Dikatakan pula bahwa procedure text merupakan rangkaian dari tahapan dalam melakukan sebuah tindakan dengan tujuan menginformasikan terbentuknya sesuatu. Procedure text merupakan bentuk teks paling sederhana yang biasanya disebut semi-paragraf, karena biasanya dituliskan dalam rentang antara kalimat dan paragraf.

Summington ( 2009 : 156 ) menjelaskan dalam bukunya bahwa :
Procedure is a text that shows a process in order. Its social function is to describe how something is completely done through a sequence of series
 (Prosedur adalah teks yang menunjukkan suatu proses dalam rangka. Fungsi sosialnya adalah untuk menjelaskan bagaimana sesuatu benar-benar dilakukan melalui urutan seri)
·         Generic Structure of Procedure
1.      Goal: showing the purpose
Tahapan pertama dalam emmbuat procedure text adalah dengan memaparkan secara persuasif tujuan kita sebagai penulis ketika memaparkan teks tersebut. Dalam Goal, penulis juga diharapkan menjelaskan tujuan praktis proses melakukan sesuatu.
2.      Material: Telling the needed materials
Satu hal yang tidak boleh lupa dicantumkan adalah materi-materi yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Detail benda serta keterangan yang akan berfungsi sebagai penunjang proses pembuatan.
3.      Step 1-end: Describing the steps to achieve the purpose
4.      Kemudian, tahapan terakhir sekaligus tahapan paling penting adalah STEP. Dalam STEP penulis harus menjelaskan langkah-langkah riil dari awal sampai proses tersebut selesai dan menghasilkan sesuatu.
·         Language Feature of Procedure
  1. Using temporal conjunction (Menggunakan hubungannya sementara)
  2. Using action verb (Menggunakan tindakan kata kerja)
  3. Using imperative sentence (Menggunakan kalimat imperatif)
  4. Using Simple Present Tense (Menggunakan Simple Present Tense)


Contoh :

Planting Chilies
Planting is a nice activity in our spare time. The following is guided information on how to plant a chili-plant easily. Here are the steps. Firstly, dry a handful seeding under the sunlight Secondly, put the seeding on the soil. It should be in open area Next, wait it. There will come out the sprout after that let it be bigger. Finally, put it in another big pot. It will soon grow bigger and bigger and yield us some fresh chilies soon.

Menanam cabai

Penanaman adalah kegiatan yang bagus di waktu luang kami. Berikut ini dipandu informasi tentang cara menanam
tanaman cabai dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah. Pertama, keringkan penyemaian segelintir cabai dibawah sinar matahari. Kedua, menempatkan penyemaian pada tanah. Ini harus di tempat terbuka berikutnya, tunggu saja. Akan ada tunas yang keluar setelah itu biarkan menjadi lebih besar. Terakhir, memasukkannya ke dalam panci besar. Ini akan segera tumbuh besar dan lebih besar dan hasil beberapa cabai segar kami segera.



Procedure text
Procedure text adalah teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan dengan cara menjelaskannya dalam serangkaian tindakan dan langkah-langkah.
(Procedure text is a text that describes how something is done in a way to explain it in a series of actions and measures).
Teks ini bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca bagaimana melakukan sesuatu kegiatan atau ebua sesuatu, dengan memaparkan langkah-langkah secara berurutan. Biasanya ditemukan di dalam majalah, buku-buku resep makanan dan berbagai media cetak. Apakah itu procedure text atau bukan dapat dengan mudah, karena semua Contoh Procedure Text terdapat kata-kata “how” di judulnya.
(This text aims to explain to the reader how to do something ebua activity or something, to explain the steps in sequence. Usually found in magazines, cookbooks and other food print media. Whether or not the procedure text easily, because all of Procedure Text Examples are the words "how" in the title)
Generic Structure :
  1. Goal
    Merupakan tujuan dari procedure text. Terdapat di judul teks (paling banyak ada dalam resep-resep makanan dan minuman).
  2. Material
    Optional, berisi benda-benda atau bahan-bahan yang akan diperlukan (tidak wajib ada dalam procedure text).
  3. Step
    Langkah-langkah untuk mencapai tujuan dari procedur text.

Contoh :
How to Activate a Handphone
                Nowadays, we need a handphone to connec to our colleagues. We can get it easly in the shop. When we buy a handphone, we also get a SIM card, a battery and a charger.
Steps :
This is the way to activate the handphone :
  • First, open the cover of the handphone.
  • Second, insert the SIM card after being installed.
  • Third, insert the battery inside.
  • Fourth, close the battery with the handphone cover.
  • Fifth, connect the lead from the charger to the bottom of the phone.
  • Sixth, connect the charger to an AC wall outlet, Charging the battery supplied with the phone way take four up to six hours.
  • Seventh, when the battery is fully charged, the bar stops scrolling. Disconnect h charger from the AC outlet and the phone. Then we are ready to make a phone call.


Cara Mengaktifkan Handphone

                 Saat ini, kita membutuhkan handphone ke konektor untuk rekan-rekan kami. Kita bisa mendapatkannya easly di toko. Ketika kita membeli handphone, kami juga mendapatkan kartu SIM, baterai, dan pengisi daya.

langkah-langkah:
Ini adalah cara untuk mengaktifkan handphone:
·         Pertama, buka penutup handphone
·         Kedua, masukkan kartu SIM setelah diinstal.
·         Ketiga, masukkan di dalam baterai.
·         Keempat, tutup baterai dengan penutup handphone.
·         Kelima, sambungkan kabel pengisi daya ke bagian bawah telepon.
·         Keenam, sambungkan pengisi daya ke stopkontak AC, Mengisi baterai yang disediakan dengan cara telepon mengambil empat sampai enam jam.
·         Ketujuh, bila baterai terisi penuh, bar berhenti bergulir. Lepaskan h pengisi daya dari stopkontak AC dan telepon. Kemudian kita siap untuk membuat panggilan telepon.









Recount secara harfiah berarti menceritakan. Adapun pengertian atau arti dari teks recount sendiri adalah  teks yang menceritakan sebuah cerita atau kejadian yang terjadi di masa lampau. ( a text that tells about one story, action that happened in the past) 
Tujuan Teks Recount 

Tujuan  teks recount adalah melaporkan presitiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibut. (Recount text objectives is reported presitiwa, events or activities with the goal of preaching or comforting.)


Generic structure Teks Recount

Orientation
Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, dimana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

Events
Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti "In the first day, I ... . And in the next day ... . And In the last day ..." . Di bagian events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

Reorientation
Pada bagian reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.
Ciri-Ciri Recount Text
Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to beach, I was happy, etc.
Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

Contoh :
Our trip to the Blue Mountain

Orientation
On Friday we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s house. It has a big garden with lots of colourful flowers and a tennis court.

(Pada hari jumat kami pergi ke Blue Mountains. Kami menginap di rumah David dan Della. Rumah tersebut mempunyai sebuah taman yang besar dengan banyak bunga warna warni dan sebuah lapangan tenis.)

Events
On Saturday we saw the Three Sisters and went on the scenic railway. It was scary. Then, Mummy and I went shopping with Della. We went to some antique shops and I tried on some old hats. On Sunday we went on the Scenic Skyway and it rocked. We saw cockatoos having a shower.

(Pada hari sabtu kami melihat Three Sister dan pergi ke pemandangan jalan kereta api yang indah. Sangat menakutkan. Kemudian ibu dan saya pergi berbelanja dengan Della. Kita pergi ke toko-toko antik dan mencoba mendapatkan beberapa topi tua. Pada hari minggu kami pergi ke pemandangan Skyway dan berbatu. Kami melihat burung kakatua sedang mandi.)

Reorientation
In the afternoon we went home. That was very pleasent moment with my family that I ever got.

(Di sore hari kami pulang ke rumah. Itu merupakan momen paling menyenangkan bersama keluarga yang saya pernah dapatkan. )





















Pengertian Definisi Recount Text

Recount secara harfiah berarti menceritakan. Adapun pengertian atau arti dari teks recount sendiri adalah  teks yang menceritakan sebuah cerita atau kejadian yang terjadi di masa lampau. ( a text that tells about one story, action that happened in the past) 
Tujuan Teks Recount 
Tujuan teks recount adalah melaporkan presitiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibut. (Recount text objectives is reported presitiwa, events or activities with the goal of preaching or comforting.)

 

Generic Structure of Recount Text 

1. Orientation: Introducing the participants, place and time. (Menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
2. Events: Describing series of event that happened in the past. (Menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
3. Reorientation: It is optional. Stating personal comment of the writer to the story. ("Reorientation" berisi komentar pribadi penulis cerita dan penutup cerita / akhir cerita)

Language Feature of Recount Text

• Introducing personal participant; I, my group, etc
• Using chronological connection; then, first, etc
• Using linking verb; was, were, saw, heard, etc
• Using action verb; look, go, change, etc
• Using simple past tense

 

Contoh :

My First Experience in Football Match

Seven years ago, i had a bad experience. It happened when i was a student in the fifth grade of certain elementary school. At that time, i participated a football match with my friends from the school club
At the first time, the football match ran so easily. My team could dominate the play well. We even got many chances to dribble or head the ball.
In the second round, i was unfortunately been tackled down by the rival. I could not control my self. Then, i suddenly fell to the ground. Finally, i could not continue the playing because my leg was seriously injured.
It was my first chance to join a football match. That experience was so bad because i had to leave the class for a week to heal my leg. After getting better, i washed the football costume by my self while promised that i would be much better in the next time

Pengalaman Pertama Saya di Pertandingan Sepak Bola
Tujuh tahun lalu, saya punya pengalaman buruk. Itu terjadi ketika saya masih sekolah di kelas V sekolah dasar tertentu. Pada waktu itu, saya ikut pertandingan sepak bola dengan teman-teman dari klub sekolah.

Saat pertama kalinya, pertandingan sepak bola berlari begitu mudah. Tim saya bisa mendominasi permainan dengan baik. Kami bahkan punya banyak peluang untuk menggiring bola atau menyundul bola.

Di babak kedua, saya sayangnya telah
disledding oleh lawan. Aku tidak bisa mengendalikan diri saya. Lalu, saya tiba-tiba jatuh ke tanah. Akhirnya, saya tidak bisa melanjutkan bermain karena kaki saya terluka parah.

Ini adalah kesempatan pertama saya untuk bergabung pertandingan sepak bola. Pengalaman yang sangat buruk karena saya harus meninggalkan kelas selama seminggu untuk menyembuhkan kaki saya. Setelah
keadaan yang lebih baik, saya mencuci kostum sepakbola saya sementara saya berjanji bahwa saya akan jauh lebih baik di waktu berikutnya


Share This Article
Komentar Anda

1 komentar:

terima kasih atas informasinya. maaf mau tanya, tahu judul buku dan penerbit dari summington yang tertulis dalam blog saudara? thx