Pengertian Industri - Sektor dan tanggungjawab industri



A.  Definisi dan pengertian industri
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

B.  Keuntungan industrialisasi
Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, hampir semua Negara menerapkan indusrialisasi dalam kebijakan ekonominya. Hal ini terkait industri berguna dalam mengatasi pengangguran dan menyerap banyak tenaga kerja.
1. Meningkatkan devisa Negara
Industrialisasi dapat meningkatkan devisa Negara yang selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan Negara. Fungsi devisa antara lain adalah berfungsi sebagai :
• Alat pembayaran luar negeri (perdagangan, ekspor, impor, dan seterusnya)
• Alat pembayaran utang luar negeri.
• Alat pembiayaan hubungan luar negeri, misalnya perjalanan dinas, biaya korps diplomatik kedutaan dan konsultan, serta hibah (hadiah, bantuan) luar negeri.
• Sebagai sumber pendapatan negara.
Hal ini dikarenakan dengan adanya industri dapat meningkatkan produksi baik barang maupun jasa, yang dapat diekspor ke Negara lain, yang selanjutnya akan menambah surplus neraca pembayaran yang barang tentu akan meningkatkan devisa suatu Negara. Industrialisasi juga berarti beralihnya penggunaan tenaga produksi dari alat-alat tradisional diganti dengan tenaga mesin. Penggunaan mesin tersebut dapat meningkatkan output produksi yang berlipat daripada penggunaan alat tradisional. Maka, banyak industri didirikan untuk meningkatkan produksi baik barang maupun jasa dengan tujuan untuk mendapatkan surplus atau keuntungan yang berlipat pula. Dalam perdagangan internasional, semakin banyak produksi maka semakin banyak pula keuntungan yang didapat, apalagi jika produksi tersebut merupakan produksi yang langka dan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, Industrialisasi hampir diterapkan oleh hampir semua Negara dalam kebijakan ekonominya, agar dapat memperoleh devisa Negara yang dapat digunakan untuk pembiayaan yang lain.
2. Menyerap tenaga kerja
Dengan adanya industrialisasi dapat mengurangi pengangguran, karena dengan dibukanya industri akan dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga lebih dapat menyerap tenaga kerja baik itu tenaga kerja terampil maupun tidak terampil.
Dengan berkurangnya angka pengangguran juga akan mengurangi angka kemiskinan. Kita tahu bahwa setiap tahun angka kemiskinan setiap tahun bertambah yang diakibatkan kenaikan jumlah penduduk, salah satu cara untuk dapat mengurangi pengangguran adalah dengan adanya industrialisasi karena dapat menyerap banyak tenaga kerja.
3. Meningkatkan pendapatan masyarakat
Seperti dijelaskan diatas, bahwa industrialisasi akan dapat mengurangi pengangguran dengan terbukanya lapangan kerja yang baru. Masyarakat akan mendapatkan pekerjaan yang semula hanya menganggur. Tentu saja ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan dibukanya industri-industri yang baru. Dengan meningkatnya pendapatan masyarkat berarti kesejahteraan masyarakat juga akan ikut bertambah. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan Negara untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.
4. Terbukanya usaha-usaha informal
Industrialisasi di berbagai bidang dapat meningkatkan pertumbuhan usaha-usaha informal akibat dibukanya sebuah industri di suatu daerah. Sebagai contoh, dengan dibukanya industri pariwisata selain membuka lapangan pekerjaan di industri pariwisata tersebut juga akan menumbuhkan sector-sektor usaha infornal terutama bagi warga sekitar, misalnya dengan dibukanya tempat pariwisata baru, warga sekitar dapat berjualan barang-barang atau cindera mata atau juga dapat menyewakan fasilitas-fasilitas tertentu.
Biasanya sector-sektor ini digarap oleh mereka yang kurang terampil dan kurang terdidik. Akan tetapi hal ini tentu akan dapat mengurangi pengangguran. Pengangguran di Negara ini sebagian besar dialami oleh warga yang kurang terdidik dan kurang terampil, maka dengan adanya pertumbuhan usaha informal tersebut dapat mengurangi pengangguran tanpa perlu susah payah membuka lapangan usaha baru yang barang tentu akan dapat mengurangi kemiskinan.

C.  Syarat syarat berdirinya suatu industri
  • Tersedianya bahan mentah
  • Tersedianya modal
  • Tersedianya sumber tenaga seperti tenaga dari minyak bumi,batu bara, air,dan sebagainya.
  • Adanya tenaga buruh (termasuk tenaga ahli)
  • Tempat pemasaran bagi hasil industri
  • Tersedianya sarana dan prasarana transportasi
  • Lokasi yang baik ( Sandy, 1985 : 158 )


D.  Sektor Industri
Istilah industri kadang juga diasumsikan atau diartikan sebagai perusahaan ataupun bisnis. Industri  meliputi sektor :
a.    Industri Bidang Genetik
Adalah industri yang berhubungan dengan pengelolaan perkebunan, perikanan, pertanian, dan sebagainya.
b.    Industri Bidang Ekstraktif
Adalah industri yang berhubungan dengan pengelolaan pengeboran tanah, pertambangan, dan sebagainya.
c.    Industri Bidang Sintetik
Adalah industri yang berhubungan dengan pengelolaan pembuatan plastin, nilon, imitasi, dan sebagainya.
d.    Industri Bidang Konstruksi
Adalah industri yang berhubungan dengan pengelolaan pembuatan bangunan, pembuatan jembatan, pembuatan jalan raya, irigasi, dan sebagainya.
e.    Industri Bidang Analitik
Adalah industri yang berhubungan dengan pengelolaan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, misalnya industri sepatu, tekstil, dan lain sebagainya.

E.   Tanggung Jawab Industri
                 Tanggung jawab industri meliputi :
A.   Bidang Hukum
Kegiatan bisnis atau industri pada dasarnya berada dalam suatu kerangka hukum yang berlaku, maka faktor hukum secara utuh dijadikan bahan pijakan para pengusaha untuk membuat kebijaksanaan usahanya.
B.    Bidang Sosial terhadap Masyarakat
Tanggung jawab ini meliputi :
a.    Memberikan pelayanan yang baik
b.    Memelihara lingkungan fisik
c.    Kepedulian terhadap perkembangan sosbud masyarakat dengan turut serta mengembangkan sesuatu untuk kemajuannya.
d.    Turut serta meningkatkanda kesejahteraan masyarakat
e.    Turut serta menyumbangkan beberapa fasilitas umum yang bermanfaat
C.   Bidang Sosial terhadap Pemerintah
Kegiatan bisnis atau industri dalam suatu negara tidak terlepas dari kebijaksanaan dan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh negara. Oleh karena itu sudah sewajarnya para pelaku bisnis mempunyai perhatian baik terhadap pemerintah dalam bidang-bidang :
a.    APBN/ APBD melalui pembayaran pajak/ retribusi.
b.    Keserasian pembangunan dan pengembangan kota-kota dan desa-desa melalui berbagai upaya penyediaan sarana dan prasarana.
c.    Pengembangan koperasi dan usaha kecil
d.    Pengembangan kebudayaan nasional
e.    Pengembangan olahraga
f.     Pengembangan produk eksport.

F.   Tujuan Industri
Industri atau perusahaan bertujuan untuk :
1.     Memperoleh penghasilan dengan keuntungan yang wajar.
2.    Memenuhi kebutuhan manusia.
3.    Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
4.    Mengusahakan pemerataan hasil, yang penyalurannya meliputi, pemilik modal, pengurus atau pengelola perusahaan, karyawan, kreditor, dan pemerintah.
5.    Mendorong ekonomi lainnya, seperti perbankan, keuangan, transportasi, komunikasi, asuransi, marketing/ periklanan, usaha jasa.
6.    Mendorong kemajuan di bidang tertentu, seperti mendorong lembaga penelitian melakukan riset produk baru, pembentukan sekolah khusus, kemajuan teknologi, dan perkembangan budaya.

G.  Fungsi Industri
        Industri mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.     Menghubungkan produsen dan konsumen.
a.    Berkaitan dengan produksi
b.    Berkaitan dengan penyaluran barang
c.    Berkaitan dengan penyaluran jasa
2.    Dalam menggunakan sumber ekonomi, yang digunakan dengan optimal, efisien, dan efektif.
3.    Dalam mengoptimalkan kegiatan perusahaan, berkaitan dengan penggunaan sumber-sumber dan pengoptimalan kegiatan.
4.    Dalam bidang sosial, yang meliputi pemanfaatan SDM setempat, kesejahteraan pegawai yang merupakan dasar kesejahteraan masyarakat, membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki perusahaan dengan cara penjualan saham, dan kepedulian sosial kepada masyarakat.


Share This Article
Komentar Anda