Kegunaan Sumber Bunyi




PEMANFAATAN SUMBER BUNYI

1.      Mengukur kedalaman laut

Kedalam laut, bahkan lokasi kawasan ikan di bawah kapal dapat ditentukan dengan teknik pemantulan pulsa ultrasonik. Pulsa ultrasonik dipancarkan oleh instrumen yang disebut fathometer. Ketika pulsa mengenai dasar laut atau kawanan ikan, pulsa tersebut dipantulkan dan diterima oleh sebuah penerima. Dengan mengukur selang waktu antara saat pulsa ultrasonik dipancarkan dan diterima, kita dapat menghitung kedalaman laut. Jika pulsa pancar memerlukan waktu yang lama untuk kembali kepenerima maka lautnya dalam, tetapi jika pulsa kembali cepat kepada penerima maka laut tersebut dangkal.
2.   Mendeteksi retak – retak pada struktur logam
Untuk mendeteksi retak dalam struktur logam atau beton digunakan scanning ultrasonic inilah yang digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada bagian-bagian pesawat terbang, yang nanti bisa membahayakan penerbangan pesawat. Dalam pemerikasaan rutin, bagian-bagian penting dari pesawat di-scaning secara ultrasonic. Jika ada retakan dalam logam, pantulan ultrasonic dari retakan akan dapat dideteksi. Retakan ini kemudian diperiksa dan segera diatasi sebelum pesawat diperkenankan terbang.
3.      Kamera dan perlengkapan mobil

Dengan menggunakan suatu type SONAR yang diujicobakan sebagai alat yang dipasang sebagai perlengkapan mobil. Sistem akan menggunakan SONAR untuk menghitung jarak dari sebuah mobil dengan obyek – obyek yang berada didekatnya, seperti pinggiran jalan dan kendaraan yang lain. Data – data ini akan tersuplai kedepan pengemudi sehingga pengemudi dapat mengindari kecelakaan.
4.      USG
 
Alat kedokteran, misalnya pada pemeriksaan USG (ultrasonografi). Sebagai contoh,scaning ultrasonic dilakukan dengan menggerak-gerakan probe di sekitar kulit perut ibu yang hamil akan menampilkan gambar sebuah janin di layar monitor. Dengan mengamati gambar janin, dokter dapat memonitor pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan janin. Tidak seperti pemeriksaan dengan sinar X, pemeriksaan ultrasonik adalah aman (tak berisiko), baik bagi ibu maupun janinnya karena pemerikasaan atau pengujian dengan ultrasonic tidak merusak material yang dilewati, maka disebutlah pengujian ultrasonic adalah pengujian tak merusak (non destructive testing, disingkat NDT). Tehnik scanning ultrasonic juga digunakan untuk memeriksa hati (apakah ada indikasi kanker hati atau tidak) dan otak. Pembuatan perangkat ultrasound untuk menghilangkan jaringan otak yang rusak tanpa harus melakukan operasi bedah otak. “Dengan cara ini, pasien tidak perlu menjalani pembedahan otak yang berisiko tinggi. Penghilangan jaringan otak yang rusak bisa dilakukan tanpa harus memotong dan menjahit kulit kepala atau sampai melubangi tengkorak kepala.
5.      Menggunakan efek Dopler untuk mengukur kelajuan aliran darah,
Dengan menggunakan gelombang ultrasonik 5 – 10 MHz yang diarahkan ke pembuluh nadi dan suatu penerima R akan mendeteksi sinyal hamburan pantul. Frekuensi tampak sinyal pantul yang diterima bergantung pada kecepatan aliran darah.
Pengukuran kelajuan aliran darah dengan metode efek Dopler ini terutama aefektif untuk mendeteksi trombosis ( penyempitan pembuluh darah ) karena trombosis akan menyebabkan perubahan yang signifikan dalam kelajuan aliran darah. Keunggulan metode ini dibandingkan dengan metode konvensional adalah lebih murah dan hanya menyebabkan sedikit tidak nyaman pada pasien.
6.      Dalam bidang industri
Alat reflektoskop digunakan untuk memeriksa cacat pada besi tuang , cacat pada pelek ban mobil. Gelombang ultrasonik ini juga digunakan untuk mempercepat reaksi kimia. Getaran kuat dari gelombang ultrasonik juga digunakan untuk menggugurkan ikatan antara partikel kotoran dan bahan kain serta menggetarkan debu yang melekat sehingga lepas.
7.      Gelombang Ultrasonik pada kelelawar
Gelombang ultrasonik yang dipancarkan oleh kelelawar memungkinkan kelelawar dapat mengetahui jarak suatu benda terhadap dirinya berdasarkan selang waktu yang diperlukan oleh gelombang pancar untuk kembali. Hal ini menjadikan kelelawar yang terbang pada malam hari tidak bertabrakan.
8.      Kacamata Tunanetra
Kacamata tunanetra dilengkapi dengan pengiriman dan penerimaan ultrasonik sehingga tunanetra yang memakai kacamata ini dapat menetukan jarak benda yang berada disekitarnya.
9.  Speaker
Speaker adalah salah satu pengeras suara. Speaker ini menggunakan pemanfaatan bunyi yang berupa bunyi audiosonik.
dll...
Share This Article
Komentar Anda