Etika berpakaian dengan baik




ETIKA BERPAKAIAN

Pengertian Etika Etika berasal dari bahasa yunani, yaitu Ethos, yang menurut Araskar dan David (1978) berarti ”kebiasaaan”, ”model prilaku” atau standar yang diharapkan dan kriteria tertentu untuk suatu tindakan. Penggunaan istilah etika sekarang ini banyak diartikan sebagai motif atau dorongan yang mempengaruhi prilaku. (Dra. Hj. Mimin Emi Suhaemi. 2002. 7) Etika adalah kode prilaku yang memperlihatkan perbuatan yang baik bagi kelompok tertentu.Etika juga merupakan peraturan dan prinsip bagi perbuatan yang benar. Etika berhubungan dengan hal yang baik dan hal yang tidak baik. Etika adalah peraturan atau norma yang dapat digunakan sebagai acuan bagi perlaku seseorang yang berkaitan dengan tindakan yang baik dan buruk yang dilakukan seseorang.(NilaIsmani,2001). 2.2 Etika Berpakaian Mencari gaya pribadi bukan hal yang mudah untuk setiap orang. Namun begitu jika Anda menemukanya, anda bari akan menyadari bahwa lewat pakaian, anda bisa mengekspresikan diri dan menunjukan diri anda. Tanpa sadar banyak hal diluar sana yang bias memepengaruhi cara kita berpakaian dan bergaya.Percaya Atau tidak ,gaya personal seseorang bias mengubah perspektif seseorang. Manusia membutuhkan pakaian (sandang) untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dasar sehri-hari di samping kebutuhan akan tempat tinggal (papan) dan makanan (pangan). Pakaian dapat memberikan keindahan, proteksi dari penyakit, kenyamanan, dan lain sebagainya. Tanpa pakaian dapat mengakibatkan seseorang dikatakan gila. Oleh karena itu, dalam berpakaian seharusnya kita memerhatikan etika dalam berpakaian. 
Aspek-aspek yang mampu mempengaruhi etika berpakaian.
a. Selebriti Gaya berbusana setiap orang diekspresikan berbeda dari satu orang ke orang lainnya.Yang paling mudah adalah gaya berpakaian selebriti.Segala macam media akan menggunakan gaya berpakaian selebriti dalam menunjukan contoh berpakaian.Para selebriti pun akan makin abadi dalam ingatan banyak orang lewat gaya merka berpakaian.Oleh karena itu tidak jarang banyak orang-orang mengikuti dan meniru gaya berpakaian para selebriti.
b. Musik Salah satu bahasa yang kita miliki adalah musik. Jika anda perhatikan genre-genre music memiliki cara berpakaian masing-masing. Dari rock, punk, R n B, Pop, dan dangdut pun punya gaya berdandan yang berlainan.dan tidak jarang banyak orang yang mengikuti dan meniru cara berpakaian mereke sesuai dengan genre musik yang mereka senangi.
c. Teman-teman Sadar atau tidak sadar, teman-teman kita sendiri dapat mempengaruhi cara berpakaian kita sendiri. Teman memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap diri kita, termasuk dalam pemilihan gaya. Karena anda selalu dekat dengan mereka jadi,tanpa sadar anda akan belajar dari mereka dan mengambil sedikit gaya mereka.
Tata Cara Berpakaian sesuai dengan etika berpakaian
1. Menutup Aurat Bagian Tubuh Saat ini banyak kita jumpai gadis dan wanita yang tidak menutup aurat dengan bajunya, sehingga dapat memunculkan rangsangan kepada kaum laki-laki yang melihatnya. Ada banyak pilihan pakaian yang tertutup dan sopan yang bisa digunakan tanpa mengurangi kecantikan perempuan. Seharusnya pemerintah memberikan teguran dan hukuman bagi orang-orang yang mengumbar tubuhnya.
2. Sesuai Dengan Tujuan, Situasi dan Kondisi Lingkungan Jika ingin sekolah gunakanlah pakaian seragam sekolah, bukan pakaian untuk tidur (piyama), renang, kerja, dan lain-lain. Apabila suhu di luar rumah sangat dingin, gunakanlah jaket yang tebal, bukan memakai pakaian tipis .
3. Tampak Rapi, Bersih, Sehat, dan Ukurannya Pas Pakaian yang dipakai sebaiknya pakaian yang telah dicuci bersih, disetrika rapi dan jika dipakai tidak kebesaran maupun kekecilan. Pakaian yang kotor merupakan sarang penyakit bagi kita diri sendiri maupun kepada oang lain yang ada di sekitarnya.
4. Tidak Mengganggu Orang Lain Pakailah baju-baju yang biasa-biasa saja tidak mengganggu akivitas maupun kenyamanan orang lain. Misalnya menggunakan gaun wanita dengan ekor puluhan meter sangat tidak pantas jika kita gunakan di tempat seperti di bus umum.
5. Tidak Melanggar Hukum Negara dan Hukum Agama Sebelum memakai pakaian ada baiknya diingat-ingat dulu hukum di dalam maupun di luar negeri. Hindari memakai pakaian yang bertentangan dengan adat istiadat, hukum budaya yang berlaku di tempat tersebut. Di mana bumi di pajak, di situ langit di junjung.
Etika Berpakaian berdasarkan tempat-tempat tertentu
A.    Etika Berpakaian di kantor
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan apabila anda akan pergi ke kantor. Sebagai pegawai kantoran, memahami etika berpakaian di kantor merupakan hal yang paling utama. Dengan penampilan bersih dan rapi, anda dapat bekerja dengan nyaman dan di terima oleh rekan-rekan anda. Pada saat berpakaian, ada baiknya anda memiliki suatu pemikiran bahwa pakaian merupakan sarana investasi anda untuk memajukan karir anda. contonya memakai pakaian yang sopan (hindari pakaian yang mini) ,memakai sepatu dengan hak minimal 5-7 cm dan nyaman untuk di pakai serta memakai tas yang sesuai dengan kebutuhan. Selain jenis pakaian dan aksesoris, hal utama yang harus diperhatikan ialah kebersihan tidak hanya di ukur dari pakaian saja namun juga di ukur melalui tatanan rambut anda, wangi tubuh, riasan dan keseluruhan gaya anda.
B.     Etika berpakaian di kampus
Lingkungan perkuliahan memang dibilang sudah bebas dalam hal berpakaian.  Beda sewaktu masih bersekolah SD, SMP, maupun SMA. karena masa SD sampai SMA masih berpakaian yang sudah ada aturannya, misalnya waktu SD berpakaian baju putih celana merah untuk seragamnya. seragam SMP baju putih celana panjang biru. Untuk seragam SMA baju putih celana panjang abu - abu. Sedangkan diperkuliahan berpakaian bebas asalkan sopan dalam berpakaiannya. Contoh berpakaian dikampus bagi pria : 1. Untuk baju memakai yang sopan. Tidak menggunakan kaos oblong (untuk bermain) ataupun pakaian yang tidak layak dipakai untuk kuliah. 2. Untuk celananya menggunakan celana panjang Jeans atau bahan (tidak robek-robek pada bagian celananya). 3. Menggunakan sepatu untuk kuliah. karena akan terlihat lebih sopan, jangan menggunakan sendal ke kampus karena tidak bagus untuk dipandang jika kuliah menggunakan sendal. dan dalam bersepatu pun harus menggunakan yang benar untuk dipakainya. Karena masih ada saja menggunakan sepatu yang masih di injak pada bagian belakang sepatunya. Contoh berpakaian dikampus bagi wanita : Untuk baju memakai yang sopan juga. Jangan menggunakan pakaian yang bisa menimbulkan kesan - kesan yang tidak baik. Misalnya pakaiannya terlalu ketat untuk dipakainya, dianjurkan untuk tidak menggunakannya. 1. Untuk celananya menggunakan celana jeans. 2. Alangkah baik nya menggunakan jilbab untuk membiasakan diri menutup aurat. 3. Menggunakan sepatu yang sewajarnya. Alangkah baiknya tidak menggunakan sepatu high hill karena perkuliahan untuk menuntut ilmu bukan untuk bergaya.
C.    Etika Berpakaian di tempat umum (pasar)
Ada banyak pilihan pakaian yang tertutup dan sopan yang bisa digunakan tanpa mengurangi kecantikan perempuan dan ketampanan laki-laki. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dan masyarakat pakaian haruslah sesuai dengan etika yang ada dan berlaku di masyarakat atau ada di tempat umum karena pakaian seseorang akan mencerminkan jiwa dan kepribadian oran tersebut yang akan membentuk sikap dan perilaku seseorang. Jadi pakailah pakaian yang seharusnya baik di gunakan pada saat di tempat umum, seperti pakaian yang sederhana namun tetap sopan dan baik di lihat orang.
Share This Article
Komentar Anda