Komponen Sistem Pendingin
Pada Mobil
Pada
mobil yang menggunakan bahan bakar sebagai sumber tenaga, pasti menghasilkan
panas. Hal tersebut normal, yang tidak normal adalah bila panas tersebut
menjadi terlalu panas sehingga dapat menggangu kinerja mesin (overheating).
Ciri-ciri overheating adalah knocking atau menggelitik sampai dengan mesin
mobil menjadi mati. Idealnya mesin mobil bekerja pada suhu 80-90 derajat
celcius, dibawah itu juga tidak bagus karena mesin menjadi terlalu dingin atau
overcooling dan kerja mesin menjadi tidak efisien. Dan jelas kuncinya ada di
perawatan, berikut ini adalah komponen-komponen yang harus diperhatikan dan
dirawat pada sistem pendinginan mobil.
1. Waterpump
1. Waterpump
, waterpump atau pomp air bertugas menyalurkan air
dari radiator ke mesin dan dari mesin ke radiator. Biasanya terbuat dari alumunium, dan ditempatkan di
bagian kepala silinder. Komponen ini dapat rusak dikarenakan kualitas coolant
dan air yang tidak bagus dan kotor sehingga dapat menghambat pergerakan
laher kipas didalamnya. Waterpump ini juga dapat rusak dikarenakan adanya
korosi atau karat yang tentu juga dipengaruhi oleh kualitas air. Jadi kuncinya
adalah pada kualitas air supaya komponen ini terjaga keawetannya.
2.
Radiator
Radiator ini merupakan tempat dimana air didinginkan
menggunakan jasa hembusan angin dari depan. Makanya letaknya biasanya didepan
moncong mobil, komponen ini terbuat dari aluminium atau tembaga dengan banyak
sekat dan didalamnya terdapat puluhan jalur air. Sekat fungsinya untuk
menangkap angin dan jalur air yang banyak supaya air lebih terpecah dan cepat
didinginkan. Pada komponen inilah air dari mesin yang panas disalurkan ke
radiator dan setelah dingin kembali masuk kedalam mesin dengan bantuan pompa
air. Untuk perawatan cukup mengecek volume air pada radiator sebelum pergi dan
pada saat mobil masih dingin, contohnya pada pagi hari. Pastikan air tidak
berkurang bila berkurang segera ditambahkan, tetapi bila setiap hari berkurang
sekitar 1 liter patut diwaspadai radiator bocor atau jalur air di mesin ada
yang bocor.
3. Radiator Fans
Dipasang di belakang radiator pada sisi paling dekat
ke mesin adalah satu atau dua kipas listrik di dalam perumahan yang dirancang
untuk melindungi jari-jari dan untuk mengarahkan aliran udara. Ini fans yang ada untuk menjaga
aliran udara melalui radiator saat kendaraan akan lambat atau berhenti dengan
mesin menyala. Jika ini fans berhenti bekerja, setiap kali Anda berhenti, suhu
mesin akan mulai naik. Pada sistem lama, kipas terhubung ke depan pompa air dan
akan berputar setiap kali mesin itu berjalan karena digerakkan oleh sabuk kipas
bukan sebuah motor listrik. Dalam kasus ini, jika driver akan melihat mesin
mulai berjalan panas di berhenti dan pergi mengemudi, pengemudi mungkin
menempatkan mobil di netral dan putaran mesin untuk menghidupkan kipas angin
cepat yang membantu mendinginkan mesin. Racing mesin pada mobil dengan kipas
listrik rusak hanya akan membuat hal-hal buruk karena Anda memproduksi lebih
panas di radiator tanpa kipas untuk mendinginkan it off.
Para penggemar
listrik dikendalikan oleh komputer kendaraan. Sebuah sensor suhu memonitor suhu
mesin dan mengirimkan informasi ini ke komputer. Komputer menentukan apakah
kipas harus diaktifkan dan menggerakkan relay kipas jika aliran udara tambahan
melalui radiator diperlukan.
Jika mobil memiliki AC, ada radiator tambahan
dipasang di depan radiator yang normal. Ini "radiator" disebut
kondensor AC, yang juga perlu didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke
kompartemen mesin. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang kondensor AC
dengan pergi ke artikel kami di >penyejuk udara Otomotif Selama AC
dihidupkan, sistem akan tetap kipas berjalan, bahkan jika mesin tidak berjalan
panas. Hal ini karena jika tidak ada aliran udara melalui kondensor AC, pendingin
udara tidak akan mampu untuk mendinginkan udara yang masuk interior.
3. Tekanan Topi dan Cadangan Tangki
Sebagai pendingin menjadi panas,
mengembang. Karena sistem pendingin tertutup, ekspansi ini menyebabkan
peningkatan tekanan dalam sistem pendingin, yang normal dan bagian dari desain.
Ketika pendingin berada di bawah tekanan, suhu di mana cairan mulai mendidih
jauh lebih tinggi. Tekanan ini, ditambah dengan titik didih lebih tinggi dari
etilena glikol, memungkinkan pendingin untuk mencapai suhu aman lebih dari 250
derajat.
Tutup tekanan radiator adalah perangkat sederhana
yang akan mempertahankan tekanan dalam sistem pendinginan sampai titik
tertentu. Jika tekanan menumpuk lebih tinggi dari titik tekanan yang
ditetapkan, ada katup pegas dimuat, dikalibrasi dengan benar Pounds per inci
persegi (psi), untuk melepaskan tekanan.
Ketika tekanan sistem pendingin
mencapai titik di mana topi perlu rilis ini tekanan berlebih, sejumlah kecil
pendingin berdarah off. Ini bisa terjadi selama berhenti dan pergi lalu lintas
di hari yang sangat panas, atau jika sistem pendingin yang rusak. Jika tidak
melepaskan tekanan pada kondisi ini, ada sistem di tempat untuk menangkap
pendingin dirilis dan menyimpannya dalam tangki plastik yang biasanya tidak
bertekanan. Karena sekarang
ada pendingin kurang dalam sistem, sebagai mesin dingin vakum parsial
terbentuk. Tutup radiator pada sistem tertutup ini memiliki katup sekunder
untuk memungkinkan vakum dalam sistem pendingin pendingin untuk menarik kembali
ke radiator dari tangki cadangan (seperti menarik plunger kembali jarum suntik)
Biasanya ada tanda-tanda di sisi tangki plastik ditandai Kendali-Dingin, dan
Full Hot. Ketika mesin pada suhu operasi normal, pendingin dalam tangki
cadangan tembus harus sampai ke garis Kendali-Hot. Setelah mesin telah duduk
selama beberapa jam dan dingin untuk menyentuh, pendingin harus di garis
Kendali-Dingin.
4.
Pompa air
Sebuah pompa air adalah perangkat sederhana yang akan
membuat pendingin bergerak selama mesin berjalan. Hal ini biasanya dipasang di
bagian depan mesin dan ternyata setiap kali mesin berjalan. Pompa air yang
digerakkan oleh mesin melalui salah satu dari berikut:
Sebuah
sabuk kipas yang juga akan bertanggung jawab untuk mengemudi komponen tambahan
seperti alternator atau pompa power steering
Sebuah sabuk ular, yang juga drive alternator, daya
pompa steering dan kompresor AC antara lain.
Timing belt yang juga bertanggung jawab untuk
mengemudi satu atau lebih camshafts.
Pompa air terdiri dari perumahan, biasanya terbuat
dari besi cor atau aluminium cor dan impeller dipasang pada poros berputar
dengan katrol poros melekat pada bagian luar tubuh pompa. Sebuah segel menjaga
cairan dari bocor keluar dari perumahan melewati poros pompa berputar. Impeller
menggunakan gaya sentrifugal untuk menarik pendingin dalam radiator dari selang
bawah dan mengirimkannya bawah tekanan ke dalam blok mesin. Ada gasket untuk
menutup pompa air ke blok mesin dan mencegah pendingin mengalir dari bocor
keluar mana pompa terpasang untuk memblokir .
5. Termostat
Thermostat hanyalah sebuah katup yang mengukur suhu
pendingin dan, jika itu cukup panas, terbuka untuk memungkinkan pendingin
mengalir melalui radiator. Jika pendingin tidak cukup panas, aliran ke radiator
diblokir dan cairan diarahkan ke sistem bypass yang memungkinkan pendingin
untuk kembali langsung kembali ke mesin. Sistem pendingin memotong memungkinkan
untuk terus bergerak melalui mesin untuk menyeimbangkan suhu dan menghindari
hot spot. Karena mengalir ke radiator diblokir, mesin akan mencapai suhu
operasi lebih cepat dan, di hari yang dingin, akan memungkinkan pemanas untuk
mulai memasok udara panas ke pedalaman lebih cepat.
Sejak tahun 1970, termostat telah
dikalibrasi untuk menjaga suhu pendingin di atas 192-195 derajat. Sebelum itu,
180 derajat termostat adalah norma. Ditemukan bahwa jika mesin yang
diperbolehkan untuk berjalan pada suhu panas, emisi berkurang, uap air
kondensasi di dalam mesin cepat dibakar memperpanjang umur mesin, dan
pembakaran yang lebih lengkap yang meningkatkan ekonomi bahan bakar.
Inti dari
termostat adalah secangkir tembaga disegel yang berisi lilin dan pelet logam.
Sebagai termostat memanas, lilin panas mengembang, mendorong piston terhadap
tekanan pegas untuk membuka katup dan membiarkan pendingin beredar.
Thermostat
biasanya terletak di bagian, bagian atas depan mesin di perumahan outlet air
yang juga berfungsi sebagai titik koneksi untuk selang radiator atas. Perumahan
termostat menempel pada mesin, biasanya dengan dua baut dan gasket untuk
menutup melawan kebocoran. Paking biasanya terbuat dari kertas tebal atau karet
cincin O digunakan. Dalam beberapa aplikasi, tidak ada gasket atau seal karet.
Sebaliknya, manik-manik tipis silikon sealer khusus diperas dari tabung untuk
membentuk segel.
10. Selang
6.
Sistem Bypass
Ini adalah bagian yang memungkinkan pendingin untuk
memotong radiator dan kembali langsung kembali ke mesin. Beberapa mesin menggunakan
selang karet, atau tabung baja tetap. Di mesin lain, ada cast dalam bagian
dibangun ke dalam pompa air atau depan perumahan. Dalam kasus apapun, ketika
termostat tertutup, pendingin diarahkan untuk melewati ini dan disalurkan
kembali ke pompa air, yang mengirimkan pendingin kembali ke mesin tanpa
didinginkan oleh radiator.
7.
Freeze Plug
Ketika sebuah blok mesin diproduksi, pasir khusus
dibentuk untuk bentuk bagian pendingin di blok mesin. Ini patung pasir
diposisikan di dalam cetakan dan besi atau aluminium cair dituang untuk
membentuk blok mesin. Ketika casting didinginkan, pasir dilepas dan dikeluarkan
melalui lubang di blok mesin pengecoran meninggalkan bagian-bagian yang
pendingin mengalir melalui. Jelas, jika kita tidak menyumbat lubang ini, pendingin
akan mencurahkan langsung keluar.
Memasukkan
lubang ini adalah tugas dari plug-beku keluar. Ini plugs adalah baja cakram
atau cangkir yang tekan masuk dalam lubang di sisi blok mesin dan biasanya
terakhir kehidupan dari mesin tanpa masalah. Tapi ada alasan mereka disebut
beku-out plugs. Pada hari-hari awal, banyak orang menggunakan air biasa dalam
mesin mereka, biasanya setelah mengganti selang pendingin pecah atau
memperbaiki sistem lainnya. "Ini adalah musim panas dan saya akan
menggantikan air dengan antibeku ketika cuaca mulai berubah".
8.
Kepala Paking Gasket Intake Manifold
Semua mesin
pembakaran internal memiliki blok mesin dan satu atau dua kepala silinder.
Permukaan kawin dimana blok dan kepala bertemu adalah mesin datar untuk dekat,
cocok presisi, tetapi tidak ada jumlah mesin yang teliti akan memungkinkan
mereka untuk benar-benar ketat atau air dapat menahan gas pembakaran dari masa
lalu melarikan diri permukaan kawin.
Dalam rangka
untuk menutup blok ke kepala, kita menggunakan paking kepala. Gasket kepala
memiliki beberapa hal yang dibutuhkan untuk menutup melawan. Hal utama adalah
tekanan pembakaran pada silinder masing-masing. Minyak dan pendingin harus
mengalir dengan mudah antara blok dan kepala dan itu adalah tugas dari paking
kepala untuk menjaga cairan dari bocor keluar atau ke dalam ruang pembakaran,
atau satu sama lain dalam hal ini.
Sebuah paking
kepala khas biasanya terbuat dari lembaran logam yang lembut yang dicap dengan
pegunungan yang mengelilingi semua titik kebocoran. Ketika kepala ditempatkan
di blok, paking kepala terjepit di antara mereka. Banyak baut, baut yang
disebut kepala disekrup dan diperketat bawah menyebabkan paking kepala untuk
menghancurkan dan membentuk segel ketat antara blok dan kepala.
Gasket
kepala biasanya gagal jika mesin terlalu panas untuk jangka waktu yang
berkelanjutan menyebabkan kepala silinder melengkung dan melepaskan tekanan
pada paking kepala. Hal ini paling umum pada mesin dengan kepala aluminium cor,
yang sekarang hampir semua mesin modern.
Setelah
pendingin atau pembakaran gas bocor masa lalu paking kepala, bahan paking
biasanya yang rusak ke titik di mana ia tidak akan lagi memegang segel. Hal ini
menyebabkan kebocoran di daerah beberapa kemungkinan. Sebagai contoh:
pembakaran gas
bisa bocor ke saluran pendingin menyebabkan tekanan yang berlebihan dalam
sistem pendingin.
pendingin bisa
bocor ke ruang pembakaran menyebabkan pendingin untuk melarikan diri melalui
sistem pembuangan, sering menyebabkan awan putih asap di knalpot.
Masalah lain
seperti minyak pencampuran dengan pendingin atau dibakar keluar knalpot juga
mungkin.
Beberapa mesin
lebih rentan terhadap kegagalan kepala paking daripada yang lain. Saya telah
melihat gasket kepala ditiup pada mesin yang baru mulai terlalu panas dan
berjalan panas kurang dari 5 menit. Saran terbaik yang bisa saya berikan
adalah, jika mesin menunjukkan tanda-tanda overheating, mencari tempat untuk menepi
dan menutup mesin off secepat mungkin.
9.
Heater Inti
Pendingin panas
juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila
diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang
meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator,
terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang
pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya
pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah
satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika
penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Sebuah kipas,
disebut blower, menarik udara melalui inti pemanas dan mengarahkan melalui
saluran pemanas untuk interior mobil. Suhu panas diatur oleh sebuah pintu yang
mencampur campuran dingin udara luar, atau kadang-kadang udara AC dengan udara
panas datang melalui inti pemanas. Pintu ini campuran memungkinkan Anda untuk
mengontrol suhu udara yang datang ke pedalaman. Pintu lain memungkinkan Anda
untuk mengarahkan udara hangat melalui saluran-saluran di lantai, saluran
defroster di dasar kaca depan, dan saluran AC terletak di panel instrumen.
10. Selang
Ada beberapa
selang karet yang membentuk pipa untuk menghubungkan komponen-komponen sistem
pendingin. Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua
selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan
radiator. Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin pasokan
panas dari mesin ke inti pemanas. Ini selang sekitar 1
inci diameter. Salah satu selang mungkin memiliki katup kendali pemanas
dipasang di garis untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas
ketika AC diatur untuk max-dingin. Sebuah selang kelima, disebut selang bypass,
digunakan untuk mengedarkan pendingin melalui mesin, melewati radiator, ketika
termostat ditutup. Beberapa mesin tidak menggunakan selang karet. Sebaliknya,
mereka mungkin menggunakan tabung logam atau memiliki bagian built-in di
perumahan depan.
Ini selang
dirancang untuk menahan tekanan di dalam sistem pendingin. Karena ini, mereka
tunduk terhadap keausan dan akhirnya mungkin memerlukan penggantian sebagai
bagian dari perawatan rutin. Jika karet mulai terlihat kering dan pecah-pecah,
atau menjadi lembut dan berespon, atau Anda melihat beberapa balon di ujungnya,
sekarang saatnya untuk menggantikan mereka. Selang radiator utama biasanya
dibentuk untuk bentuk yang dirancang untuk mengusir selang sekitar hambatan
tanpa uji puntir. Ketika membeli penggantian, pastikan bahwa mereka dirancang
untuk memenuhi kendaraan.
Ada selang karet
kecil yang membentang dari leher botol radiator cadangan. Hal ini memungkinkan
pendingin yang dilepaskan oleh topi tekanan untuk dikirim ke tangki cadangan.
Ini selang karet adalah sekitar seperempat inci dengan diameter dan biasanya
bukan bagian dari sistem bertekanan. Setelah mesin dingin, pendingin ditarik
kembali ke radiator dengan selang yang sama.